Logo Hut Jakarta 484

Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-484 Jakarta yang berlangsung Rabu (22/6) besok, pembenahan dan peningkatan untuk menjadikan Jakarta lebih baik sangat diperlukan. Berikut merupakan tanggapan dan harapan warga Jakarta dari berbagai kalangan kepada SP, Selasa (21/6).  

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jakarta Raya (Jaya) mengatakan, usia ke-484 Jakarta sangat luar biasa. Jakarta telah melalui perjalanan panjang dan melewati beberapa fase. Jakarta adalah kota terbesar di kawasan Asia Tenggara, dengan demikian peningkatan daya saing sangat diperlukan.

“Diadakannya event-event dunia mencerminkan Jakarta jadi tujuan investasi dan lokomotif perekonomian nasional,” kata Andhika.  

Andhika menyampaikan pesan kepada Pemerintah DKI Jakarta agar dapat memecahkan berbagai masalah yang menjadi kendala utama. Seperti kemacetan, produktivitas dan mobilitas warga dan pengusaha menjadi terganggu, perekonomian kena imbas. Lalu lintas harus dibenahi dengan disertai pembangunan infrastruktur transportasi yang memadai.  

Pembangunan Mass Rapid Transportation (MRT) sangat bagus, program Busway perlu ditingkatkan, selain jasa angkutan transportasi lain. Pemberlakuan pembatasan jam operasional truk masuk jalan tol patut diapresiasi. Menyangkut rencana untuk menerapkan peraturan nomor polisi, Andhika kurang sependapat.

“Lebih baik MRT dikembangkan,” ungkap Andhika.  

Masalah banjir tahunan serta pengelolaan sampah jangan luput dari perhatian pemerintah DKI Jakarta.

“Sampah kalau dapat diolah dengan baik akan menjadi sumber energi,” ujar Andhika.  

Andhika mengaku, akan merayakan secara internal dengan Hipmi dalam menyambut HUT Jakarta ke-484. “Kami mengadakan diskusi internal tentang Jakarta, belum ada agenda untuk kegiatan di luar, ” tutur Andhika.  

Hal senada disampaikan Metty (58) yang berprofesi sebagai pedagang kue di pinggir jalan dekat sebuah sekolah swasta di Jakarta Timur.  

Metty mengatakan, masalah kemacetan menjadi prioritas Pemerintah DKI Jakarta bersama seluruh pihak terkait untuk mengurainya.

“Parkir-parkir liar di jalan harus ditertibkan, karena mengganggu lalu lintas yang ujung-ujungnya mengakibatkan kemacetan,” kata Metty.  

Metty mengharapkan, Gubernur DKI Jakarta dapat membuka mata terhadap masalah-masalah di Jakarta. Aspirasi dari masyarakat tidak hanya ditampung, namun harus dapat direalisasikan.

“Kalau sedikit demi sedikit dibenahi, 5 tahun ke depan Jakarta bisa lebih baik,” kata Metty.  

Metty mendukung langkah Pemerintah DKI Jakarta untuk menertibkan pedagang-pedagang di pinggir jalan. Tapi, penertiban yang dilakukan sebaiknya tidak secara sepihak.

 “Harus merata, jangan pilih-pilih,” ujar Metty.  

Metty juga mengusulkan, panitia penyelenggara Pekan Raya Jakarta seharusnya memberikan potongan harga masuk di hari ulang tahun Jakarta.

“Kepengen ke PRJ untuk memeriahkan HUT Jakarta, kalau bisa diskon satu hari, kasihan warga yang tidak mampu,” ungkap Metty.  

Sementara itu Agus (55), masyarakat Betawi yang tinggal di Muara Angke Jakarta Utara, mengatakan, dalam menyambut HUT Jakarta terjadi perbedaan antara beberapa tahun lalu dengan sekarang.

Dikatakan, dahulu masih terdapat pawai masyarakat menuju kantor pemerintahan.   Selain itu pesta rakyat pun digelar untuk memeriahkan HUT Jakarta.

“Sekarang tidak demikian, bagusan dulu lah, ‘jauh’,” kata Agus.  

Sedangkan menyangkut Jakarta Agus mengharapkan, Jakarta harus lebih bekerja keras kalau ingin mengalami kemajuan. Jika tidak, maka Jakarta akan mengalami kesulitan bersaing dengan Negara luar.

 “Tidak usah jauh-jauh, Jakarta masih tertinggal dari Singapura,” tutur Agus.  

Agus mengungkapkan, masyarakat harus menghindari perkelahian atau tawuran antar kampung karena itu hanya akan merugikan banyak pihak. Pemerintah DKI Jakarta pun harus memperhatikan nasib warga yang mencari pekerjaan.

“Semoga Jakarta lebih baik lagi dari sekarang,” ungkap Agus.

Sumber : suarapembaruan.com

0 komentar:

Post a Comment

 
My Ping in TotalPing.com Digg! powered by PRBbutton Resources Top Blogs Academic,  Learning & Educational Blogs - BlogCatalog Blog Directory alumni smantika Add to Technorati Favorites yahoo Add to Google Reader or Homepage Add to My AOL Powered by FeedBurner Add to The Free Dictionary Subscribe in Bloglines Thumbnails powered by Thumbshots
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes